Wednesday, July 18, 2018

Perubahan Tubuh Ibu Menyusui Saat Hamil


Saat tengah masa menyusui, tiba-tiba Bunda mengenal sedang hamil. Alhasil Bunda jadi ragu apakah sepatutnya terus menyusui atau tak. Bagaimana apabila bayi di dalam kandungan tak mendapatkan gizi cukup?. Wajar apabila Bunda cemas ASI akan berkurang ketika hamil. Namun, hakekatnya tubuh bisa menyesuaikan dengan sendirinya, lho, Bun. Meski demikian, ada beberapa situasi  yang perlu diwaspadai untuk menyusui ketika hamil.

Meski Bunda sedang hamil, tubuh konsisten memproduksi ASI sehingga Bunda bisa memilih untuk konsisten menyusui. Hanya saja memang ada perubahan-perubahan yang mungkin dirasakan dalam menyusui ketika hamil.


Volume ASI berkurang
Volume ASI ketika hamil kemungkinan bisa sedikit berkurang. Kecuali itu, payudara dan puting juga menjadi sedikit terasa sakit ketika hamil. Dan apabila Bunda mengalami mual ketika hamil, rasa mual hal yang demikian bisa kian terasa.

Perubahan rasa ASI
Bila Kecuali Setelah yang menyusui telah bisa berkomunikasi, mungkin akan mengatakan bahwa rasa ASI berubah. Sebagian ini disebabkan ASI akan berubah menjadi kolostrum ketika mendekati masa persalinan, untuk dikonsumsi oleh bayi baru lahir nanti. Perubahan rasa ASI biasanya bisa mulai dirasakan di umur kehamilan 5 bulan.

Namun anak akan stop menyusu ASI dengan sendirinya. Namun, Bunda perlu memberi perhatian khusus apabila umur Kecuali Setelah yang menyusu masih di bawah satu tahun, supaya berat badannya tak kurang dari normal. Bunda juga perlu mengamati apakah Kecuali Setelah memang telah siap untuk disapih, berapa usianya, bagaimana karakter dan pola makannya, serta responsnya, secara khusus secara psikis.

Menyusui ketika hamil memerlukan tenaga ekstra yang bisa membikin Bunda lebih cepat lelah.  situasi Bunda bisa konsisten fit, bayi dalam kandungan dan Kecuali Setelah juga mendapatkan gizi yang cukup, Bunda perlu mencukupi keperluan zat gizi, termasuk vitamin D dan suplemen asam folat. Kecuali itu, konsumsi cukup sayur, buah, lemak, dan protein, juga air mineral. Segeralah makan ketika lapar dan minum ketika haus, serta makan makanan ringan yang sehat. Bayi lahir dan kakaknya masih menyusu, Bunda ASI konsisten bisa kok menyusui keduanya. , apa saja yang Bunda putuskan, sebaiknya dikerjakan melewati pertimbangan Bunda pribadi dan saran dokter.

No comments:

Post a Comment

Organ dalam Sistem Peredaran Darah Manusia

Tubuh manusia memiliki cara peredaran darah yang berperan untuk mengalirkan nutrisi dan oksigen ke seluruh komponen tubuh. Namun, tak cu...